Kamis, 11 Agustus 2011

postheadericon Pengantar Dalam Mempelajari Bahasa Jepang

Kita tahu bahwa Bahasa Jepang adalah salah satu bahasa yang menjadi pilihan untuk dipelajari selain Bahasa Inggris mengingat negara Jepang sebagai salah satu barometer teknologi dunia menjadi tujuan belajar dan bekerja sehingga membuat Bahasa Jepang menjadi salah satu bahasa yang wajib dipelajari. Hal ini yang mendasari pemilik blog ini untuk menyajikan rubrik Belajar Bahasa Jepang. Rubrik ini akan hadir dalam beberapa seri, dan akan update tiap 4 hari sekali. SEMOGA BERMANFAAT! aRRIGATO GozAIMAsU.. :)

Bahasa Jepang menjadi bahasa ibu bagi warga Jepang, yang saat ini populasinya mencapai sekitar 128 juta jiwa. Di samping itu,diperkirakan terdapat sekitar 3 juta orang di seluruh dunia yang juga tengah mempelajari bahasa Jepang. Bahasa Jepang sebenarnya tidaklah terlalu sulit untuk diucapkan, khususnya bagi orang Indonesia. Suku kata dalam bahasa Jepang didasarkan pada kombinasi dari 5 vokal dan beberapa belas konsonan, sehingga pelafalannya seharusnya relatif mudah. Namun, perbendaharaan kata dan struktur kalimatnya cukup berbeda dengan bahasa Indonesia, bahasa Inggris ataupun bahasa-bahasa Eropa lainnya, sehingga mungkin saja Anda mengalami kesulitan untuk terbiasa dengan bahasa Jepang pada saat Anda mulai belajar bahasa ini.

Dalam sistem penulisannya, bahasa Jepang mengkombinasikan 3 jenis huruf, yakni Kanji, Hiragana, dan Katakana. Kanji adalah karakter China yang dikenal di Jepang pada abad ke-5 atau ke-6. Setiap karakter dalam huruf kanji, melambangkan maksud tertentu. Sedangkan Hiragana dan Katakana tergolong ke dalam phonogram, atau jenis huruf yang melambangkan bunyi tertentu. Katakana digunakan terutama untuk menuliskan kata-kata yang berasal dari bahasa asing. Meskipun sebenarnya Hiragana dan Katakana merupakan turunan dari Kanji, kedua jenis huruf ini dikembangkan di Jepang. Baik Hiragana maupun katakana masing-masing memiliki 46 karakter yang melambangkan 46 suku kata. Sedangkan jumlah karakter Kanji yang diperlukan untuk kehidupan sehari-hari saja dikatakan berjumlah sekitar 2,000 huruf.  :)



0 komentar:

About Me

Foto saya
MALE,28,Born in Tuban, East Java-Indonesia. An English teacher,father,enterpreneur. KEEP ON SMILING-DOING THE BEST YOU CAN. :)
Diberdayakan oleh Blogger.

Category

Visitors


ShoutMix chat widget

Followers